DISKUSI FILSAFAT
Launching Dialegestai
Dialegestai à komunitas sahabat
diskusi filsafat
Diambil dari istilah Yunani yang
berarti “bercakap”, Sokrates sering mengajak dialog orang-orang sekitarnya.
Kenapa logonya bergambar pohon?
Karena kita akan memulai pondasi dari akar berupa komitmen, kemudian tumbuh
jadi pohon yang rimbun daun dan berbuah. Bahka hingga mati nanti, kayunya masih
bisa digunakan dan daunnya bisa di jadikan pupuk. Intinya, suatu ilmu tidak
akan pernah habis di bahas dan memberikan manfaat jika dibiarkan tumbuh dengan
menghidupkan diskusi, dimana diskusi ini merupakan wadah sharing ilmu.
Pemateri : Yayan à
Ian Mustofa (alumni Tebu ireng, mengkhususkan di filsafat islam sudut pandang
Al-Ghozali)
FILSAFAT ISLAM
§
Tujuan : untuk hidup lebih
bijaksana dalam beragama
§
Paradigma pemikiran
filsafat islam
ª Bayani à
linguistik
Akar filsafat à
pesantren sentris. Tokoh : Khawarij
ª
Irfani
Dunia sufi à
ahli toriqot. Ex: melatih kepercayaan
ª
Burhani à cara pandang filsafat à Yunani kuno
Pemikiran: Sokrates, Aristothales, Plato
Cara masuk atau berkembangnya filsafat ini tergantung pada politik
kekuasaan.
Tokoh yang berhasil menterjemahkan pemikiran filsuf
Yunani: Al-kindi, Al-rozi (mufasir), Al-Farabi, Al-Ghozali (radikal, empirisme,
irfani), Ibnu Rusyd
Ex : menyikapi keberagamaan
·
Al-Ghozali muda à radikal, rasional
Karyanya: Faisholi Tafriqoh
yang berisikan standar kebenaran bukan karena madzhab yang dianut tapi
berdasarkan akal (untuk melihat kebenaran)
·
Empirisme: berdasarkan
indrawi. Karyanya: Almungkit Minadzolah
Ciri-ciri “ada” mencakup 5 hal:
1. Indrawi khisy
2. aqli à bisa dinalar. Ex: grafitasi
3. khoyali à dalam sadar bisa
membayangkan
4. mimpi à dalam tidak sadar bisa
menggambarkan
5. syibhi à sifat, tidak ada
sangkut pautnya dengan hukum klausal (sebab akibat)
·
Di masa tuanya barulah
Al-Ghozali berpindah pada Irfani. Karyanya: Ihya’ Ulumuddin
§
Politik àbutuh massa à ajaran, untuk
melanggengkannya butuh sistem politik
§
Adonis à Ali Sya’id
è
Gelar (laqob) yang
diberikan oleh gurunya karena dianggap penerusnya
è
Bahasa Yunani: mitos à Dewi kesejahteraan
punya anak yang namanya Adonis.
Abu Dzar Al-ghifari memberontak
di masa pemerintahannya Umar karena fitnah yang beredar bahwa Umar kkn.
Pemberontakan dilakukan dengan merampok lalu diberikan ke rumah penduduk yang
kekurangan dengan landasan “pergerakan islam awal (zaman Nabi) untuk mengangkat
masyarakat yang lemah”, jika ada penduduk yang masih tetap berada dalam
kelemahan/ketidak berdayaannya berarti ada yang salah dengan pemerintahannya. Perlakuan
ini dianggap zuhud (dengan memberontak dan tergantung kondisi).
Kemudian Umar diganti Ali.
Beliaupun di fitnah.
Landasan pemikiran syi’ah à islam sosial. Agama
diturunkan untuk kemaslahatan.
§
Al-Luthfi: salah satu tokoh penerjemah pemikiran Yunani
kuno
§
Fathur Rozi: menafsirkan Qur’an dengan paradigma Bayani,
Burhani dan Irfani sekaligus
§
Mustholah Hadis: standar keshahihan hadist à Burhani
Pemateri:
Mas Fahrul
v
Belajar filsafat itu harus
kontinu, tekun dan jangan kulaan, jangan Cuma datang mendengarkan
v
Penerjemahan pemikiran
filsafat yunani diselamatkan pada masa abbasiyah, salah atunya Al-Kindi
v
Hukum dalam filsafat
bersifat universal, “tidak semua yang ada dalam fikiran harus termanifestasikan
dalam tindakan”
v
Filsafat adalah induknya
sains dan membentuk cara berfikir
v
Kelahiran dari filsafat
berawal dari pergerakan yang diidentikkan dengan Marxis/sosialis
v
Positifisme (sains) terdiri
dari rasionalisme dan empirisme. Kesemuanya itu transformasi ilmu fisika ke
ranah sosial (fisika sosial). (Ls)
Komentar
Posting Komentar